Kenapa harus melakukan pendaftaran haki bagi ukm

Kenapa harus melakukan pendaftaran haki bagi ukm ? Apa manfaatnya? Mungkin pertanyaan-pertanyaan itu seringkali terlontar bila anda adalah seseorang yang sedang menggeluti usaha, apapun jenis usahanya. Jika anda sedang berupaya mengembangkan satu merk tersendiri untuk usaha anda, mengurus haki adalah suatu kewajiban agar usaha dan merk anda mendapat jaminan. Merk adalah salah satu hak atas kekayaan intelektual (HAKI) yang dapat memperoleh perlindungan dari negara.

Kenapa harus melakukan pendaftaran haki bagi ukm

Bentuk perlindungan yang diberikan negara adalah terhadap merk barang dan jasa. Merk dagang ialah merk yang dipergunakan pada barang yang diperjualbelikan oleh seseorang, beberapa orang, maupun badan usaha. Sedangkan merk jasa adalah merk yang dipergunakan pada jasa yang diperjualbelikan.

Kenapa harus melakukan pendaftaran haki untuk merk dagang usaha anda? Ada beberapa alasan yang harus diketahui, diantaranya:

a. Ciri khas usaha anda sangat ditentukan dari merk yang anda pakai.
b. Banyaknya kompetitor di jenis usaha yang ada geluti, memperbesar kemungkinan merk yang anda pakai telah dipakai sebelumnya oleh kompetitor.
c. Apabila ternyata merk yang anda pakai saat ini telah terdaftar, maka anda diharuskan membayar royalti kepada pemegang merk tersebut.
d. Bila anda sudah terlanjur memakai merk yang telah didaftarkan pihak lain, mengganti merk usaha anda tentu memiliki banyak resiko. Memperkenalkan merk baru ke pasar usaha anda membutuhkan usaha yang tidak mudah.
e. Jika anda telah mendaftarkan merk dagang, maka anda adalah pemegang resmi merk dagang tersebut dan anda dapat menuntut royalti kepada pihak lain yang menggunakan merk anda bahkan bisa menuntut secara hukum bila merk anda digunakan tanpa seizin anda.
f. Merk adalah salah satu aset dari usaha anda.

Kenapa harus melakukan pendaftaran haki bagi ukm indonesia

Itulah beberapa alasan mengapa anda mesti mendaftarkan merk usaha dan mengurus haki atas merk tersebut. Namun anda juga perlu mengetahui kondisi riil di lapangan bahwa ternyata banyak ukm yang kesulitan mengurus pendaftarn merk, kenapa? Penolakan pendaftaran merk kebanyakan disebabkan karena faktor-faktor sepele, misalnya merk yang memiliki kesamaan dengan merk lain yang telah didaftarkan sebelumnya. Hal ini memang secara jelas telah diatur dalam undang-undang.

Maka anda harus benar-benar mengetahui kompetitor usaha anda agar merk yang akan didaftarkan berbeda dari merk produk lain. Bila ternyata merk usaha anda memiliki kemiripan atau bahkan sama persis sebaiknya segera diganti saja, karena biasanya akan ditolak. Sedikit alasan dan tips di atas semoga dapat membantu anda mengurus proses pendaftaran haki.

Call Us
Chat WA